Siapa Sangka Negara Yang Tidak Terkenal Ini Memiliki Keanehan yang Bakalan Bikin Terkejut

oleh
Republik demokratik Sahara arab

Hingga saat ini di dunia memiliki setidaknya 193 negara yang telah diakui kedaulatannya oleh PBB. Akan tetapi jumlah tersebut sebetulnya belum menyeluruh atau mencangkup seluruh negara benar-benar ada di dunia.

Semisal negara-negara seperti kosovo, taiwan serta Vatikan, negara-negara tersebut hingga saat ini belum masuk ke dalam anggota PBB dengan macam-macam alasan.

Daftar Negara-Negara Misterius Yang Jarang Diketahui Orang

Alasannya pun bervariasi seperti Taiwan dan Kosovo memiliki konflik kedaulatan di negaranya, serta vatikan belum memiliki legalitas yang dianggap belum memiliki kuantitas standar untuk diakui sebagai sebuah negara.

Selain itu ada juga negara sudah lama berdaulat dan sudah diakui sejak lama oleh PBB, tapi masih jarang ada orang yang mengetahui keberadaannya. Atau mungkin negara tersebut hanya memiliki luas wilayah yang kecil atau letak lokasinya sangat terpencil.

Karena Jarang diketahui oleh banyak orang, negara aneh seperti ini seakan menjadi tempat yang misterius dan tidak diketahui oleh orang luar negara selain orang dari negara tersebut.

  1. Transnistri

TransnistriTransnistria merupakan negara yang letaknya di sepanjang tepi Timur moldova yang menawarkan sebuah pemandangan langka dan memperlihatkan dengan jelas  kondisi Eropa pada saat perang dingin. Meskipun sudah merdeka pada tahun 1990.

Kondisi ini pun terjadi karena transnistria hingga saat ini masih menggunakan mata uang, paspor sistem pemerintahan Uni Soviet. Ada hal unik lainnya, transnistria tidak mempunyai angkatan bersenjata dan masih mengandalkan keamanan negara dari Rusia yang meminjamkan 1000 pasukannya untuk menjaga keamanan transnistria, kecintaan mereka kepada Uni Soviet bisa dilihat dari desain berlambang Sabit di sebelah kiri.

  1. Republik demokratik Sahara arab

Republik demokratik Sahara arabRepublik demokratik sahara Arab atau sering dikenal dengan sebutan SADR, janji adalah sebuah negara kecil yang letaknya di sisi barat Gurun Sahara. Negara ini yang dulunya bekas koloni negara Spanyol.

Mereka memproklamirkan kemerdekaan negara mereka bertepatan pada tanggal 27 februari 1976. Negara ini merupakan negara yang sering disebut negara misterius, mulai dari sedikitnya orang yang tahu keberadaannya, SADR hingga saat ini memiliki sengketa penguasaan lahan dengan Maroko.

Menurut berita yang beredar SADR diperkirakan cuma mempunyai otoritas penuh 20% lahan dari negaranya mereka yang berada di sepanjang tepi barat gurun sahara. Sedangkan Maroko menguasai selebihnya 80% luas lahan negara.

Asal muasal terjadinya sengketa lahan antara maroko dan SADR berawal dari ketika spanyol ingin melepaskan kekuasaan mereka pada daratan sebelah barat gurun sahara yang akan mereka berikaj kepada SADR. tapi justru mereka tidak memberikannya secara langsung, tapi malah menyerahkan tanggung jawab kepada maroko dan mauritania.

Sehingga hal inilah yang memicu terjadinya sengketa lahan antara maroko dan SADR hingga saat ini. Akan tetapi dengan adanya sengketa lahan tersebut bukan berarti SADR belum menjadi negara yang berdaulat dan diakui oleh PBB, meskipun negara tersebut hanya dihuni sekitar 500.000 orang, SADR tetap saja bergabung di perserikatan afrika dan juga mendapatkan pengakuan oleh Uni Eropa.

  1. Abkhazia

AbkhaziaWalaupun nama negara abkhazia tersebut jarang terdengar dan banyak orang yang tidak mengetahui. Tapi negara yang letaknya di daratan Georgia ini adalah negara yang mempunyai sejarah yang sangat panjang. Kerajaan yang sudah berdiri sejak tahun 1008, Abkhazia memisahkan diri dari Georgia setelah runtuhnya Uni Soviet.

Hal inilah yang memicu perang dikarenakan georgia tidak mau kehilangan wilayah potensialnya. Dengan kejadian tersebut sekaligus mendorong PBB untuk bertindak sebagai penengah yang mengakhiri pada tahun 1993.

Sehingga abkhazia bisa mendeklarasikan kemerdekaan mereka. Meski kemerdekaannya ini belum sepenuhnya diterima georgia sampai tahun 1999. Namun selama masa transisi mereka selalu mendapatkan bantuan dari rusia dalam membentuk sebuah pemerintahan, militer dan juga fondasi keuangan.

tapi kondisi tersebut membuat mereka terlihat bergantungan dengan rusia meski sudah merdeka. adapun hal yang perlu anda ketahui bahwa negara ini memiliki luas wilayah 70.000 kilometer persegi tapi anehnya masih jarang diketahui orang bahwa ada negara yang bernama abkhazia.

  1. Freetown christiania

freetown christiania merupakan negara paling unik pada daftar ini.  semenjak memisahkan diri dari denmark pada tahun 1971, negara tidak terlihat seperti negara. negara tersebut hanya terlihat sebagai sebuah kamo musim panas yang letaknua kopenhagen.

 Tempat tersebut tidak lepas dari sebuah sejarah yang merupakan bekas barak tentara yang biasa dipakai oleh para pencandu berkumpul. Banyak orang yang tidak tau bagaimana para pencandu tersebut bisa mendirikan sebuah negara bernama Christiani.

Negara tersebut memiliki peraturan peraturan aneh diantaranya melarang adanya kendaraan bermotor, senjata dan kepemilikan properti, yang berarti segala yang ada di freetown christiania milik bersama tanpa batasan apapun.

Selain itu peraturan yang terbilang unik yaitu bisa menjual obat-obatan Terlarang. Sehingga membuat freetown christiania menjadi salah satu negara dengan pasar narkoba terbesar di dunia. Sangat bertolak belakang dengan adanya hukum yang ada di Denmark yang sangat melarang keras penjualan narkoba di negaranya.

Tapi meski adanya peraturan yang ada, denmark seakan tidak mengambil pusing karena di sisi lain denmark menarik keuntungan yang sangat besar yang di mana freetown christiania merupakan destinasi wisata teramai di dunia saat ini.

Maka dari itu apabila ingin berkunjung ke freetown christiania, akan melewati negara Denmark terlebih dahulu yang secara tidak langsung akan mendapat keuntungan secara finansial bagi negara Denmark.

  1. Seborga

SeborgaItalia merupakan negara yang sangat ramah untuk negara negara kecil seperti San marino dan Vatikan, merupakan negara yang sangat kecil dan memiliki eksistensi yang cukup untuk diakui dunia, karena kebijakan hukum yang ada di italia bisa mengijinkan negara negara tersebut mampu berdaulat di atas lahan negara mereka.

selain vatikan dan san marino ternyata masih ada negara kecil yang di akui secara hukum oleh italia. yaitu negara seborga, adalah sebuah wilayah yang letaknya di puncak bukit dan mempunyai luas wilayah yang sangat kecil. walau hanya memiliki penduduk sekitar 400 saja, negara  merupakan negara tertua di dunia.

terbentuk pada tahun 954 masehi, yang dulunya merupakan kota suci kekaisaran romawi. yang juga merupakan satu dari 300 kerajaan kecil yang di bawahi oleh kekaisaran roma. setelah kekaisaran roma berakhir pada tahun 1806, kerajaan kerajaan kecil lainnya memilih untuk merdeka atau ikut bergabungan dengan kerajaan kerajaan yang lebih besar.

Seborga bergabung ke kerajaan Sardini yang saat ini disebut sebagai negara italia. Tapi uniknya, sejak italia mendeklarasikan negara mereka pada abad ke 19, seborga tidak ikut dalam status wilayah negaranya. entah kenapa.

Meski tidak ada kejelasan baik pihak seborga atau italia akan hal ini. Dari situlah seborga mimilih untuk menjadi sebuah negara mandiri meski berada di wilayah negara italia dan masih menunjukan eksitensinya sebagai negara yang diakui dunia sampai saat ini.

Nah itulah daftar lima negara misterius yang jarang dikenal oleh banyak orang. Bagaimana apakah anda memiliki keinginan untuk berkunjung kesana? Ketahui informasi terkini lainnya di MajalahIndo24.com ya 🙂

ENJOYQQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *